Seni yang Hilang dari Komputer Troubleshooting 101

Bagi banyak orang, mengatasi masalah komputer itu misterius dan membingungkan. Tidak harus begitu. Saya telah berada di bidang komputer selama sekitar 18 tahun dan belajar sesuatu sejak lama yang telah menyelamatkan saya dari frustrasi yang tak terhitung banyaknya. Saya menyebutnya "DIP-CD" untuk membantu saya mengingat langkah-langkah dalam urutan. Bayangkan mencelupkan CD ke dalam cokelat!

Informasi ini berguna bagi siapa saja, paham komputer atau tidak. Namun, semakin Anda memahami komputer, semakin baik Anda akan dapat memperbaiki masalah tersebut. Either way, ini harus mengarahkan Anda ke arah yang benar. Jadi, baca terus dan nikmati waktu luang ekstra!

Langkah 1: Definisikan Masalah

Anda harus memahami apa masalah sebenarnya. Jadi tanyakan pada diri Anda, apa yang sebenarnya terjadi. Bisakah itu direproduksi atau intermiten? Apakah Anda mendapatkan pesan kesalahan? Komputer melakukan boot ulang setiap kali saya membuka Internet Explorer. Dll …

Langkah 2: Isolasikan Penyebab

Sekarang Anda tahu apa masalahnya, Anda perlu mencari tahu penyebabnya. Pertama dan terpenting, tanyakan: Apakah itu pernah berhasil? Jika ya, apa yang berubah dan kapan? Jika berhasil dan kemudian pecah, SESUATU berubah. Sudah tugas Anda untuk mencari tahu apa itu sesuatu. Misalnya, komputer tiba-tiba mulai memberi Anda kesalahan saat Anda membuka Word. Tanyakan, kapan terakhir kali Anda menggunakan Word tanpa kesalahan? (Kemarin) Apakah ada yang berubah sejak kemarin? (Ya, kami memuat paket layanan baru atau pembaruan tadi malam). Ada titik awal Anda.

Jika Anda dapat mengisolasi KETIKA hal-hal berubah atau setidaknya rentang tanggal, Anda memiliki sesuatu untuk dikerjakan. Jika pengguna tidak dapat membantu menentukan ini, periksa log peristiwa untuk kesalahan yang terkait dengan masalah ini dan cari tahu kapan mereka memulai. Setelah Anda menemukan pelakunya, lanjutkan ke langkah berikutnya "Lakukan Perbaikan".

Jika tidak pernah bekerja sebelumnya maka Anda harus mulai dari awal. Maaf!

Langkah 3: Lakukan Perbaikan

Sekarang Anda berpikir Anda memahami penyebabnya, saatnya untuk memperbaikinya. Di sinilah keterampilan komputer dasar sangat berguna. Google kesalahan atau gejala dan melihat apakah orang lain telah memiliki masalah ini dan menemukan solusi. Ini berfungsi untuk teknisi komputer atau yang tidak mengerti komputer. Google itu luar biasa.

Jika Anda memiliki beberapa keterampilan komputer, ini adalah di mana mereka berguna. Anda mungkin perlu boot ke Safe Mode, mencoba memulai komputer tanpa program tertentu (mis. MSCONFIG), menghapus atau menginstal ulang program atau pembaruan, memperbarui driver untuk kartu video, chipset motherboard, kartu jaringan, dll. Jika Anda tidak nyaman dengan ini, mencari bantuan profesional.

Langkah 4: Konfirmasikan Hasilnya

Di sinilah Anda akan "menguji" solusi Anda. Jika Anda berpikir Anda memiliki perbaikan, lihat apakah Anda dapat membuat masalah terjadi lagi. Anda ingin teliti di sini. Mintalah pengguna mencoba dan melihat apakah mereka dapat mewujudkannya. Pastikan untuk melakukan serangkaian langkah yang sama persis seperti yang Anda lakukan untuk mereproduksi kesalahan pada awalnya. Jika masalah masih ada, UNDO YOUR LAST CHANGE dan coba yang lain. Setelah masalah hilang, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 5: Mendokumentasikan Solusi

Ini sebagian besar untuk tipe teknis. Anda akan ingin menulis (dalam sistem Help Desk Anda, dll) apa yang Anda lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut. Mengapa? Karena ada peluang bagus itu akan terjadi lagi pada seseorang! Anda dapat menggunakan informasi ini nanti untuk menghemat waktu. Sulit untuk mengingat dari ingatan apa yang Anda lakukan 6 bulan atau setahun yang lalu jika Anda melakukan ini untuk mencari nafkah.

Saya harap Anda dapat memanfaatkan teknik pemecahan masalah yang sederhana namun efektif ini. Nikmati!

Mario di Dallas

MCSA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *