Aturan Baru Komunikasi Tertulis

Lihatlah sekeliling tempat kerja Anda. Apakah para pemimpin di organisasi Anda menulis dengan efektif dan kuat? Apakah penulis yang baik cenderung dipromosikan? Apakah orang cenderung mendengarkan penulis yang baik? Apakah penulis yang baik dapat membujuk atau meyakinkan secara efektif? Tentu saja, ya, ya, dan ya lagi!

Semakin banyak pekerjaan kami hari ini dilakukan melalui tulisan daripada secara pribadi atau di telepon. Memang, saya benar-benar berharap itu tidak benar. Pernahkah Anda mempertimbangkan seberapa cepat masalah tertentu dapat diselesaikan dengan mengangkat telepon atau berbicara kepada seseorang secara tatap muka? Kita semua menghabiskan terlalu banyak waktu melalui ding-dong email yang bolak-balik, ketika panggilan telepon yang sederhana akan jauh lebih efektif. Pokoknya, saya ngelantur.

Karena kami menulis lebih banyak hari ini, kami bergantung pada keterampilan menulis kami untuk memengaruhi, membujuk, mendorong, berkolaborasi, dan memimpin. Namun, seberapa sering Anda memperhatikan orang berbicara tentang pentingnya menulis yang baik dalam pekerjaan Anda sehari-hari? Mereka tidak, kan? Kebanyakan orang tidak benar-benar memperhatikan kualitas tulisan yang mereka baca – mereka hanya bereaksi positif, negatif, atau tidak sama sekali. Jika Anda pernah bertanya-tanya apakah ada cara yang lebih baik untuk menulis pesan Anda sehingga mereka mendapatkan hasil yang lebih baik, ada!

Berikut adalah tiga aturan baru untuk komunikasi tertulis:

1. Jika Anda bisa mengatakannya, Anda bisa menulisnya

Kami terhubung dengan dunia saat ini sebagian besar melalui e-mail, situs web, blog, SMS, dan media sosial. Dengan semua saluran ini kita hanya memiliki fakta, tanpa nada suara, ekspresi wajah, bahasa tubuh, atau jeda. Karena kami secara teratur menggunakan cara-cara ini alih-alih berbicara, masuk akal untuk menggunakan tulisan yang sedekat mungkin dengan bahasa lisan. Ketika Anda melakukan ini, Anda mendapatkan keuntungan besar – Anda menempatkan kepribadian dan individualitas Anda ke dalam pesan Anda. Ini akan membantu Anda untuk lebih menonjol dan membuat koneksi yang lebih baik dengan pembaca Anda.

2. Tulis untuk hari ini, bukan kemarin

Kemarin: Harap diketahui bahwa pertemuan Komite Konvensi Tahunan akan diadakan pada 24 Februari (Kamis) pukul 9.30 pagi. Diperlukan sekitar 2 jam untuk rapat dan Anda harus hadir untuk melaporkan kemajuan yang dibuat sejak pertemuan terakhir. Mohon beri tahu saya tentang ketersediaan Anda secepatnya.

Hari ini: Saya ingin mengadakan pertemuan lain dari Komite Konvensi Tahunan pada hari Selasa 24 Februari dari jam 9.30 hingga 11.30 pagi. Saya harap Anda dapat hadir untuk melaporkan ide-ide hebat yang Anda ajukan pada pertemuan terakhir. Mohon konfirmasi jika Anda dapat bergabung dengan kami.

Tulisan kemarin pasif dan bertele-tele, dan terdengar sangat membosankan. Ini menempatkan jarak antara Anda dan pembaca. Cara itu ditulis juga memperlambat pemahaman. Tulisan hari ini terdengar lebih banyak percakapan. Renyah, jelas, transparan, dan konteks personal membuatnya lebih positif dan menarik.

3. Buat tujuan Anda untuk membangun hubungan

Dalam tulisan, karena pembaca tidak dapat melihat atau mendengar Anda, orang akan menilai Anda berdasarkan apa yang Anda tulis dan bagaimana Anda menulisnya. Di dunia komunikasi yang serba cepat dan serba cepat saat ini, sangat penting untuk tampil sebagai manusia. Jika Anda bersikeras menggunakan jargon kuno atau berlebihan (Harap diingatkan, Mohon maklum, Silakan temukan lampiran ini, di atas disebutkan, referensi dan teliti, dll) Anda akan mengaburkan makna sebenarnya dan tidak akan menambahkan kepribadian Anda sendiri . Buat tulisan Anda positif, merangsang, dan menarik, tambahkan perasaan dan sentuhan pribadi. Ini akan membantu orang mengenal orang yang sebenarnya di balik pesan itu.

Tulisan yang buruk merusak reputasi

Pesan yang ditulis dengan buruk mencerminkan buruk pada Anda dan organisasi Anda. Tulisan yang buruk tidak akan memperjelas produk, layanan, nilai, kebijakan, dan keyakinan organisasi; bahkan mungkin menggambarkannya secara negatif. Akibatnya, efisiensi bisnis hilang, begitu pula peluang untuk terhubung dan membangun hubungan dengan klien, rekan kerja, dan kolaborator.

Tulisan yang baik membuat perbedaan

Tulisan yang baik akan mendapatkan pengakuan yang meningkat sebagai keterampilan bisnis yang penting, dan ini akan memberi Anda keuntungan besar dalam dunia bisnis saat ini. Menulis yang baik dapat membantu Anda bekerja lebih efisien, membangun kredibilitas, meningkatkan hubungan, memengaruhi orang lain, memenangkan lebih banyak klien, dan mencapai tujuan Anda.

Jadi lihat lagi di sekitar tempat kerja Anda. Lihatlah secara obyektif pada pesan yang Anda terima, dan pada pesan yang Anda kirim. Apakah mereka penuh dengan jargon kemarin atau ungkapan percakapan hari ini? Apakah mereka akan membantu meningkatkan reputasi profesional Anda atau merusaknya? Apakah mereka akan membantu membangun hubungan atau menghancurkannya?

Beri diri Anda keunggulan dalam dunia yang sangat kompetitif ini dengan mengatasi tulisan yang efektif sekarang, sebelum terlambat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *