Apa itu kehormatan?

Honor adalah konsep yang tampaknya asli dari kebanyakan orang. Tetapi apakah itu? Saya dapat mendefinisikan kehormatan sebagai sesuatu yang dimiliki seseorang ketika dia layak dihargai. Ia tidak memiliki kebanggaan, melainkan memiliki rasa hormat dan rasa hormat yang berharga.

Dunia barat sering dikatakan terdiri dari niat materialis dan ambisi, dan nilai spiritual tidak begitu penting. Di timur, kehormatan jauh lebih penting. Bahkan, di Jepang, tempat saya tinggal selama sepuluh tahun, ada hukum pidana yang melarang seseorang membawa hilangnya kehormatan sosial kepada orang lain. Kehormatan sangat penting di sana, seperti kesopanan dan sikap, yang entah bagaimana terjalin.

Kehormatan adalah nilai spiritual, tetapi bagi banyak orang di Barat tidak dipahami dan tidak banyak gunanya.

Jadi bagaimana jika Anda benar-benar adalah roh, dan bukan dekomposisi lumpur seperti yang dikatakan oleh aliran pemikiran barat. Bagaimana jika Anda benar-benar sesuatu selain materi. Mungkin kekuatan hidup yang menjiwai tubuh Anda memang memiliki sifat-sifat tertentu yang terpisah dengan alam semesta fisik. Mungkin, mungkin saja, kehormatan adalah salah satu dari properti itu, dan Anda adalah kekuatan hidup itu.

Kalau begitu, lantas apa yang bisa dihadirkan? Bisakah seseorang mengukur properti spiritual yang sulit dipahami ini. Orang telah dikatakan mati untuk itu. Di saat-saat berlalu, dalam waktu yang kurang materialistik, orang-orang telah dikenal untuk mengorbankan semuanya, untuk kehormatan.

Jadi apa yang bisa dikatakan orang terhormat? Bagaimana tindakan seperti itu?

Dalam Scientology ada kode, yang disebut Kode Kehormatan. Ini bukan kode yang diberlakukan, melainkan kode opsional. Kode semacam itu tidak akan pernah dapat diberlakukan, karena ini bukan kode moral, tetapi kode etik. Itu berarti harus diadopsi sendiri, dan bukan sesuatu yang masyarakat atau kelompok manapun dapat memaksakan pada individu.

Jadi mari kita lihat beberapa poin penting dari kode ini:

Jangan pernah meninggalkan kawan yang membutuhkan, dalam bahaya atau dalam kesulitan.

Jangan pernah meninggalkan grup tempat Anda berutang dukungan.

Jangan pernah menyesali kemarin. Hidup ada di Anda hari ini, dan Anda membuat hari esok Anda.

Teguh pada tujuan Anda sendiri.

Apakah Anda merasa aman di sekitar seseorang yang meninggalkan teman-temannya? Bagaimana perasaan Anda ketika Anda meninggalkan seseorang yang membutuhkan Anda? Anda merasa buruk dan memori buruk itu membawa Anda ke masa depan, bukan? Sama ketika Anda meninggalkan kelompok yang membantu Anda atau Anda berhutang bantuan. Dan bagaimana dengan orang-orang yang selalu mengeluh tentang kemarin, dan betapa buruknya sekarang karena betapa buruknya dunia bagi mereka. Apakah mereka senang berada di sekitar? Apakah Anda sangat menghargai mereka? Atau apakah Anda ingin mereka berhenti berbicara bersama? Anda menempatkan nilai kecil pada mereka, sayangnya. Dan bagaimana dengan orang-orang yang tidak setia pada tujuan mereka sendiri, tetapi menghabiskan waktu mereka hanya melakukan apa yang dikatakan orang lain kepada mereka? Bisakah kamu menghormati mereka?

Lihatlah keempat poin ini, apakah Anda mempercayai seseorang yang mengikuti keempat poin ini? Aku pikir begitu. Apakah orang seperti itu layak dihormati? Mungkin dia akan melakukannya.

Ada lima belas poin dalam Kode Kehormatan, bukan hanya empat di atas. Itu ditulis pada bulan November 1954. Bahwa seseorang menulis kode seperti itu agak luar biasa.

Kehormatan itu penting. Bagi yang memilikinya, mereka menjalani kehidupan yang lebih bahagia. Bagi mereka yang tidak, hidup mereka lebih miskin untuk itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *